Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 1 No. 1 (2023): November

ANALISIS MAKNA DAN KLASIFIKASI NAMA DIRI (ANTRIPONIM) SISWA SMAN 1 MALINGPING SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA KELAS X

Nurhayati (Unknown)
Meliyawati (Unknown)
Purlilaiceu (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Analisis Makna dan Klasifikasi Nama Diri (Antroponim) Siswa SMAN 1 Malingping sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas X. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna dan klasifikasi pada Nama Diri (Antroponim) Siswa SMAN 1 Malingping sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas X. Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis isi. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan data, penyajian data, menganalisis data, triangulasi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil dan pembahasan makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: 1) Makna Leksikal, makna diri jenis leksikal ini yang ditemukan peneliti berjumlah 23 nama diri. 2) Makna Gramatikal yang terdapat pada nama diri dengan jumlah 14 nama diri yang dianalisis. 3) Makna Denotatif pada nama diri siswa SMAN 1 Malingping dengan jumlah 8 buah nama diri yang di analisis. 4) Makna Konotatif pada nama diri yang dimaksudkan oleh pembuat nama dengan jumlah 3 buah nama diri yang di analisis. 5) Makna Referensial dengan jumlah 65 nama diri. 6) Makna Kontekstual pada nama tersebut dengan jumlah 37 nama diri. Berdasarkan hasil analisis ke seratus lima puluh nama diri, dapat diklasifikasikan berdasarkan klasifikasi makna diri yaitu meliputi: a) Kriteria Keunikan berjumlah 65 nama diri; b) Kriteria Denotasi dan Konotasi berjumlah 50 nama diri; c) Kriteria Gramatikal 35 nama diri. Dengan demikian, setelah mengetahui makna nama diri teman-teman siswa yang lain prilaku bullying yang sering terjadi di kalangan siswa yang berkaitan dengan nama diri dapat diminimalkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...