Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 1 No. 1 (2023): November

ANALISIS STILISTIKA SEMANTIK PADA TULISAN ALAT TRANSPORTASI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DI SMA

Hilalillah, Siti Laelatul (Unknown)
Nanang Maulana (Unknown)
Meliyawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Analisis Stilistika Semantik pada Tulisan Alat Transportasi sebagai Bahan Pembelajaran di SMA. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan makna bahasa pada tulisan di alat transportasi, mengklasifikasikan gaya bahasa yang digunakan pada alat transportasi, dan memanfaatan tulisan pada alat transportasi digunakan sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan metode analisis data menggunakan analisis isi. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan data, penyajian data, menganalisis data, triangulasi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil dan pembahasan makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: Nama pada tulisan alat transportasi banyak mengandung kaidah pemahaman yang dapat kita ambil seperti penggunaan bahasa-bahasa tertentu yang berdasarkan persoalan hubungan bahasa dengan makna yang dimaksud oleh pembuat tulisan tersebut, persoalan hubungan makna dengan maksud selalu menggambarkan pemikiran yang utuh. Adapun makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: Makna tulisan jenis leksikal ini yang ditemukan peneliti berjumlah 27 tulisan. Makna gramatikal pada tulisan dengan jumlah 22 tulisan yang dianalisis. Makna denotatif dengan jumlah 11 buah tulisan yang di analisis. Makna konotatif dengan jumlah 7 buah tulisan yang di analisis. Makna referensial dengan jumlah 23 tulisan. Makna idiom dengan jumlah 5 tulisan. Makna istilah berjumlah 12 buah tulisan. Jenis gaya bahasanya yaitu meliputi: a) Pepatah berjumlah 26 tulisan; b) Metafora berjumlah 4 tulisan; c) Asonansi 17 tulisan; d) Pomeo 1 tulisan; e) Hiperbola 1 tulisan; f) Antanaklasis 2 tulisan; g) klimaks 1 tulisan; h) Retoris 2 tulisan; i) Aliterasi 16 tulisan; j) Repetisi 8 tulisan; k) Paradoks 1 tulisan; l) Personifikasi 1 tulisan; m) Retoris 2 tulisan; n) Metonimia 3 tulisan; o) Semboyan 14 tulisan; p) Antanaklasis 2 tulisan; q) ironi 1 tulisan; dan r) Bidal 4 tulisan. Jadi hasil penelitian yang dilakukan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesia di SMA materi siswa dapat percaya diri dan mampu memahami jenis-jenis makna kata diksi dan gaya bahasa dengan benar dan kritis. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...