Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 1 No. 1 (2023): November

ANALISIS EMOSI TOKOH DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Penti Laila (Unknown)
Sopyan Sauri (Unknown)
Nanang Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai emosi tokoh dalam novel serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar di sekolah khususnya SMA. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang memfokuskan analisis isi. Data dan sumber data pada penelitian ini berupa teks, seperti: kata, frase, kalimat, atau percakapan yang berkaitan dengan nilai emosi tokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan uji validitas teori. Berdasarkan deskripsi hasil analisis novel Layangan Putus karya Mommy ASF memuat emosi tokoh yaitu emosi positif dan emosi negatif. Emosi positif berupa rasa cinta, sayang, gembira dan kagum. Emosi negatif berupa rasa sedih, marah, takut dan benci. Novel ini mengkaji kejiwaan beberapa tokoh dalam ucapan maupun gerakan. Novel ini memiliki nilai-nilai dan makna pendidikan, salah satunya  mengajarkan sikap bagaimana hubungan dengan Tuhan, sesuai dengan emosi cinta berupa cinta kepada Allah Swt. Novel ini juga mengajarkan bagaimana kejiwaan yang baik, serta mengajarkan cara menyikapi dan mengontrol emosi. Emosi berupa perasaan cinta, sayang, gembira dan kagum serta perasaan sedih, marah, takut dan benci. Penelitian ini direkomedasikan  untuk dipertimbangkan sebagai bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia  guna meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui emosi tokoh dalam karya sastra, khususnya novel dan dapat meningkatkan pengajaran sastra di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...