Cyberbullying merupakan bentuk bullying yang sangat rentan terjadi pada usia remaja, yang sekarang lebih mudah dan banyak dilakukan dengan menggunakan alat elektronik atau digital. Cyberbullying juga memberikan dampak negatif bagi individu yang terlibat, misalnya korban cyberbullying dapat mengalami masalah psikologis dan dalam hal akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik cognitive cognitive restructuring untuk mereduksi perilaku cyberbullying siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pra eksperiment. Sampel dan Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Pandeglang. Sampel yang berjumlah 32 siswa dibagi kedalam 2 kelompok dengan diberikan treatment layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket cyberbullying yang disusun oleh peneliti sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan memperoleh hasil yang signifikan, adanya perbedaan antara hasil data pretest dan posttest, yang mana memperoleh hasil 0,000 < 0,05 ini menunjukan terdapat efektivitas terhadap layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi cyberbullying.
Copyrights © 2023