Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 1 No. 1 (2023): November

ANALISIS NILAI RELIGIUS DAN PSIKOLOGI TOKOH PADA NOVEL “CINTA DALAM DIAM” KARYA SHINEEMINKA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

Siti Ulfah Fatimah (Unknown)
Henri Henriyan Al Gadri (Unknown)
Sopyan Sauri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai religius dan psikologi tokoh dalam novel “Cinta dalam Diam” karya Shineeminka serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran dan apresiasi sastra di Sekolah khususnya di SMA. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang memfokuskan analisis isi. Data dan sumber data pada penelitian ini berupa teks, seperti: kata, frase, kalimat, dan percakapan yang berkaitan dengan nilai religius serta psikologi tokoh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan uji validasi teori. Berdasarkan deskripsi hasil analisis novel “Cinta dalam Diam” karya Shineeminka memuat nilai religius, yaitu bahwa dengan mengingat Tuhan dan menjalankan perintah-perintah-Nya dapat membuat hati menjadi tenang dan hidup menjadi tentram serta mendapat kebaikan-kebaikan. Psikologi tokoh mengkaji kejiwaan beberapa tokoh dalam ucapan maupun dari gerak-gerik anggota tubuh. Novel ini memiliki nilai-nilai dan makna pendidikan, yaitu mengajarkan bagaimana kejiwaan yang baik, sedang marah, sedih, rasa bersalah, rasa malu, egois, marah, jatuh cinta dan cara menyikapi suatu masalah. Penelitian ini direkomendasikan untuk dipertimbangkan sebagai bahan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia guna meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui nilai-nilai religius dan psikologi tokoh terhadap karya sastra, khususnya novel dan dapat meningkatkan pengajaran sastra di Sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...