Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 1 No. 1 (2023): November

THE EFFECT OF SELF DIRECT LEARNING METHOD TOWARDS STUDENT’S WRITING SKILL IN RECOUNT TEXT

Dede Supitri (Unknown)
Ade Sudirman (Unknown)
Tatu Munawaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Makalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mandiri terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks recount di kelas sepuluh SMA Negeri 9 Pandeglang. Makalah ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, sebelum dan sesudah perlakuan tentang metode self-directed learning. Data diperoleh dari tujuh pertemuan, lima pertemuan untuk treatment, dan dua pertemuan untuk pre-test dan post-test. Data diperoleh dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen pada penelitian ini adalah X.I dan kelas kontrol adalah X.E. Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa, sehingga jumlah sampel adalah 72 siswa. terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa pada lima aspek: isi, pengorganisasian, kosa kata, penggunaan bahasa, dan mekanika. Hal ini dapat dilihat dari prestasi siswa dalam keterampilan menulis teks recount meningkat. Pada kelas pertama, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 38,72, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 32,28. Sedangkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 55,11, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 48,50. Perhitungan hipotesis dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 0,00 < 0,05. Berdasarkan temuan penelitian ini, terdapat pengaruh yang signifikan Metode Self Direct Learning terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks recount di kelas sepuluh SMA Negeri 9 Pandeglang pada tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...