Makalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mandiri terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks recount di kelas sepuluh SMA Negeri 9 Pandeglang. Makalah ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, sebelum dan sesudah perlakuan tentang metode self-directed learning. Data diperoleh dari tujuh pertemuan, lima pertemuan untuk treatment, dan dua pertemuan untuk pre-test dan post-test. Data diperoleh dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen pada penelitian ini adalah X.I dan kelas kontrol adalah X.E. Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa, sehingga jumlah sampel adalah 72 siswa. terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa pada lima aspek: isi, pengorganisasian, kosa kata, penggunaan bahasa, dan mekanika. Hal ini dapat dilihat dari prestasi siswa dalam keterampilan menulis teks recount meningkat. Pada kelas pertama, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 38,72, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 32,28. Sedangkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 55,11, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 48,50. Perhitungan hipotesis dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 0,00 < 0,05. Berdasarkan temuan penelitian ini, terdapat pengaruh yang signifikan Metode Self Direct Learning terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks recount di kelas sepuluh SMA Negeri 9 Pandeglang pada tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2023