Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas Viii 1 Smp Negeri 1 Sabbangparu

Tantu, Zakiah (Unknown)
Arafah, Muhammad (Unknown)
Irfandi, Rizal (Unknown)
Nur, Muhammad (Unknown)
Nasser P, Muh Kemal (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan hasil belajarnya rendah, hal ini disebabkan kurangnya variasi metode pembelajaran oleh guru. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Gallery Walk pada materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Sabbangparu. Subyek penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Sabbangparu Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan dilaksanakan selama 3 kali setiap siklus. Proses pembelajaran setiap pertemuan dirancang dengan menerapkan model pembelajaran Gallery Walk. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar yang dilakukan setiap akhir siklus. Data telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes hasil akhir berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 60,4% sedangkan siklus II dengan nilai rata-rata 76,6%. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari 38,8% menjadi 88,8%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Sabbangparu.Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Gallery Walk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...