Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Peningkatan Kemandirian Melalui Kemampuan Vokasional untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di SLB Branjangan

Udhiyanasari, Khusna Yulinda (Unknown)
Sukmawati, Bhennita (Unknown)
P, Nostalgianti Citra (Unknown)
Hamidah, Fitria Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Siswa berkebutuhan khusus membutuhkan pembelajaran serta layanan khusus agar semua siswa dapat mencapai potensi yang maksimal sepeti anak pada umumnya. Salah satu tujuan SLB N Branjangan yang berlokasi di Jl. Branjangan, Semenggu, Bintoro, Kec. Patrang Jember, adalah mengembangkan siswa disabilitas yang mandiri. Mengoptimalkan kemandirian siswa disabilitas salah satunya dengan memberikan keterampilan praktis seperti membatik dan memijat. Kegiatan ini berupaya untuk mengajarkan keterampilan kepada siswa berkebutuhan khusus agar mereka bisa mandiri setelah keluar dari sekolah, seperti membuka usaha mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keterampilan vokasi dapat membantu siswa disabilitas di SLB N Branjangan Jember menjadi lebih mandiri. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SLB N Branjangan Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Wawancara, observasi, dan dokumentasi semuanya digunakan untuk memperoleh data. Prasarana SLB N Branjangan Jember dalam menunjang keterampilan vokasi sudah cukup baik sehingga mendukung kegiatan penelitian ini. Keterampilan vokasional yang difokuskan di SLB N Branjangan yaitu membatik dan memijat. Dukungan dari semua aspek baik seluruh guru pendamping dan kepala sekolah antusias mendukung pelaksanaan kegiatan keterampilan vokasional tersebut. Kata Kunci: kemampuan vokasional, kemandirian, anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...