Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Analisis Kesan Program Pelatihan dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran

Radeswandri, Radeswandri (Unknown)
Thahir, Musa (Unknown)
Vebrianto, Rian (Unknown)
Audhiha, Miftah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menganalisis kesan guru terhadap program pelatihan dan bimbingan teknis pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peserta yang mengikuti program pelatihan terdiri dari 45 orang guru SD Lubuk Raja Kabupaten Pelalawan. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS versi 26 for windows. Penilaian kesan program pengabdian terdiri dari 3 konstruk yang mana hasil dari konstruk materi diperoleh rata-rata 4.48 dengan kategori baik, konstruk penyampaian materi diperoleh rata-rata 4.41 dengan kategori baik dan konstruk diskusi/ tanya jawab diperoleh rata-rata 2.83 dengan kategori baik. Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa program pelatihan dan bimbingan teknis pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran memiliki kesan yang baik bagi peserta

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...