Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project ( MMP) terhadap Kemampuan Koneksi Matemais Siswa Sekolah Menengah Pertama

Lestari, Ajeng Yuniarti Lestari (Unknown)
Imswatama, Aritsya (Unknown)
Mulyanti, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Pada era kemajuan globalisasi dan teknologi manusia harus selalu siap menghadapi persaingaan dengan manusia lain, sehingga harus memiliki kualitas sumber daya manusia yang handal, baik, menguasai kemampuan dan mampu mengkomunikasikan ide-ide berkualitas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk desaian eksperimen Quasi Exsperimental Design dengan desaian penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini tidak terlepas dari Langkah-langkah pelaksanaan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang memiliki 5 langkah. Serta model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) ini telah dirancang untuk membantu guru menggunakan latihan-latihan secara efektif. Sehingga materi pembelajaran dapat dipahami dengan baik dan dapat membiasakan siswa dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...