Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 7, No 1: APRIL (2024)

OPTIMALISASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI SIMPLE PERPUS

Istiqomah, Istiqomah (Unknown)
Nurhasanah, Ana (Unknown)
Pribadi, Reksa Adya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai proses optimalisasi layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa melalui penggunaan Aplikasi Simple Perpus di Perpustakaan SDN Kampung Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pustakawan, Guru Kelas IV dan Siswa SDN Kampung Baru sebagai Pengunjung Perpustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Aplikasi Simple Perpus di Perpustakaan SDN Kampung Baru membantu pelayanan menjadi lebih optimal dengan adanya efektivitas dalam pelayanan dengan menggunakan Aplikasi Simple Perpus dan ketersediaan fasilitas di Perpustakaan serta tumbuhnya minat baca siswa membaca buku di perpustakaan sekolah yang dibuktikan dengan kesenangan siswa membaca, keterlibatan siswa dengan menjadi anggota perpustakaan, ketertarikan siswa mengunjungi perpustakaan, dan perhatian siswa terhadap buku-buku yang tersedia dengan menjadikan buku di perpustakaan sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...