The Journal of System Engineering and Technological Innovation
Vol 3 No 01 (2024): April 2024

Penerapan Lean Manufacturing dengan Metode Value Stream Mapping (VSM) untuk Meningkatkan Produktifitas (Studi Kasus: PT. XYZ)

Noviyana, Noviyana (Unknown)
Abdullah, M. Hasan (Unknown)
Suwondo, Ampar Jaya (Unknown)
Riyanto, Ong Andre Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

PT. XYZ mengalami masalah dalam hal efisiensi dan efektivitas produksi, yang dapat berdampak pada kualitas produk dan kepuasan pelanggan. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi speaker. Assembly Line 1 merupakan unit yang memproduksi salah satu komponen yang terdiri dari beberapa work station dimana terjadi waste. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi waste dan meningkatkan produktivitas dengan pendekatan Lean Manufacturing dan metode Value Stream Mapping (VSM) sebagai tool. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian akan ditunjukkan melalui analisis sebelum dan setelah penerapan Lean Manufacturing. Sehingga akan terlihat hasil peningkatan produktifitas yang diharapkan. Adapun Manufacturing Lead Time aktual sebesar 14.415 detik, setara dengan 4 jam dan Process Cycle Efficiency aktual sebesar 30,35 %. Setelah dilakukan perbaikan nilai Manufacturing Lead Time mengalami penurunan menjadi 9.875 detik setara dengan 2,75 jam dan Process Cycle Efficiency mengalami peningkatan menjadi 44,30 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JISTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Mechanical Engineering: Energy : Energy Conversion, Energy Conservation, Renewable Energy, Energy Technology, Energy Management. Mechanical : Applied Mechanics, Automobiles and Automotive Engineering, Tribology, Biomechanics, Dynamic and Vibration, Mechanical System Design, Mechatronics. Material : ...