Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis Rhythm Reading Vocal yang layak, menarik, dan efektif pada materi konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah produk berupa bahan ajar berbasis Rhythm Reading Vocal dengan perolehan hasil uji kelayakan ahli materi sebesar 4,26 dengan kriteria “Sangat Layak” dan 3,9 untuk validasi ahli media dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil angket kemenarikan peserta didik untuk uji kelompok kecil diperoleh skor rata-rata sebesar 3,23 dengan kriteria “Menarik” dari 10 orang peserta didik dan uji kelompok besar diperoleh skor rata-rata 3,41 dengan kriteria “Sangat Menarik” dari 24 orang peserta didik. Hasil uji efektifitas menggunakan uji effect size diperoleh skor sebesar 1,03 dengan kriteria “Tinggi’.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar matematika berbasis Rhythm Reading Vocal pada materi konsep pecahan layak dan efektif dijadikan bahan ajar untuk jenjang SMP.
Copyrights © 2024