Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kegiatan refleksi dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran belajar dan pembelajaran. Kegiatan refleksi dalam konteks ini merupakan suatu proses dimana siswa diajak untuk merefleksikan pengalaman belajarnya, mengevaluasi pemahaman yang telah diperolehnya, dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan. Penelitian dilakukan di STKIP Kumala Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan refleksi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran belajar dan pembelajaran. Siswa yang melakukan kegiatan refleksi mampu mengidentifikasi konsep-konsep penting dengan lebih baik, menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dengan demikian, kegiatan refleksi dapat diterapkan dalam pembelajaran yang terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan terhadap mata pelajaran belajar dan pembelajaran di perguruan tinggi.
Copyrights © 2024