Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 13 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Penerapan Kegiatan Refleksi untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Matakuliah Belajar dan Pembelajaran

Sakung, Nikki Tri (Unknown)
Fitriana, Ana (Unknown)
Diawanto, Fery (Unknown)
Wahidah, Nina Ikhwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kegiatan refleksi dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran belajar dan pembelajaran. Kegiatan refleksi dalam konteks ini merupakan suatu proses dimana siswa diajak untuk merefleksikan pengalaman belajarnya, mengevaluasi pemahaman yang telah diperolehnya, dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan. Penelitian dilakukan di STKIP Kumala Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan refleksi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran belajar dan pembelajaran. Siswa yang melakukan kegiatan refleksi mampu mengidentifikasi konsep-konsep penting dengan lebih baik, menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dengan demikian, kegiatan refleksi dapat diterapkan dalam pembelajaran yang terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan terhadap mata pelajaran belajar dan pembelajaran di perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...