Abstrak. Fenomena yang kerap terjadi di Indonesia menunjukkan bahwa penggunaan teori gaya belajar di sekolah belum diterapkan hingga saat ini. Para guru masih menerapkan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) dan masih menggunakan metode klasik seperti ceramah dan hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Banyak guru yang belum mampu mengidentifikasi gaya belajar peserta didik. Permasalahan ini menjadi salah satu faktor penghambat bagi guru biologi di MTs Arifah Gowa dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dilakukan pelatihan bagi guru untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik yang bisa menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi oleh guru di MTs Arifah Gowa. Pelaksanaan kegiatan PKM ini mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan peserta/mitra terkait gaya belajar peserta didik. Kata kunci: gaya belajar, kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi
Copyrights © 2023