JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 01 (2024): Artikel Riset Mei 2024

Analisis Perbandingan Membaca dengan Metode SQ3R untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Teks Cerpen

Maizan, Saifi (Unknown)
Nurmala, Mita (Unknown)
Damara, Irey (Unknown)
Nugraha, Apsi (Unknown)
Nurjamilah, Ai Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Perbandingan Membaca dengan Metode SQ3R untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Teks Cerpen” bertujuan untuk membandingkan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Tasikmalaya menggunakan teks cerpen dengan penerapan metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama dua pertemuan, yaitu praobservasi dan observasi. Sampel pada penelitian kali ini berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian kali ini menggunakan teks cerpen, dan observasi. Hasil penelitian pada praobservasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 80,2. Kemudian mengalami peningkatan pada hasil penelitian observasi sebesar 90,5. Hal tersebut membuktikan perolehan dari hasil penelitian terdapat perbedaan yang sangat jelas antara penelitian praobservasi dan observasi. Sehingga kami mengartikan bahwa penerapan metode SQ3R pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Tasikmalaya mampu membuat meningkatnya keterampilan membaca serta pemahaman terhadap teks cerpen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbsi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

JBSI merupakan jurnal akses terbuka nasional yang meliputi hasil kajian ilmiah interdisipliner, orisinal dan diulas oleh mitra bestari yang kompeten di bidangnya. Lingkup jurnal ini meliputi bidang bahasa, sastra dan budaya Indonesia baik teori dan praktek dengan bidang ilmu bahasa Indonesia yaitu ...