ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2023): (Februari 2023)

Bermain dan Bernyanyi dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini

Sukatin (Unknown)
Amrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

Proses implementasi kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Al Jannah Kelurahan Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batang Hari yaitu dilakukan dengan tahapan menetapkan bentuk kegiatan dan tujuan kegiatan, melaksanakan kegiatan bermain dan bernyanyi degan tahapan memulai dengan mengucapkan salam, mengabsen anak, meminta para anak agar jangan ribut saat guru sedang membawakan/membacakan cerita, memperkenalkan/menyebutkan tema, memulai kegiatan bermain dan bernyanyi, menyuruh anak meniru huruf atau gambar yang sesuai dengan tema, dan Lalu mengajak bernyanyi dan bermain dengan alat yang ada serta Mengakhiri pembelajaran, menutup cerita dengan kegiatan bernyanyi. Kendala dalam proses implementasi kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia dini yaitu masih minimnya alat peraga edukatif yang diperlukan guru dalam kegiatan bermain maupun bernyanyi, perbedaan karakter anak dan masih rendahnya motivasi anak dalam mengikuti kegiatan bermain dan bernyanyi. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pada proses implementasi kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia dini yaitu dengan membuat alat peraga edukatif sederhana yang dibuat dari karton, kardus bekas, botol dan lainnya. melakukan pedekatan yang berbeda kepada anak dan memberikan motivasi kepada anak dalam bentuk pujian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alayya

Publisher

Subject

Religion Education Neuroscience Social Sciences Other

Description

ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini the journal is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. Journal aims to provide a forum for consideration of issues and for the exchange of information and ideas on research and practice in the ...