Journal of Education Research
Vol. 4 No. 4 (2023)

Need Analisys: Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Mahasiswa

Pangaribuan, Tumewa (Unknown)
Hasni, Uswatul (Unknown)
Amanda, Rizki Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran learning Cycle lima E engage, explore, explain, extend atau elaborate, dan evaluate. Pengembangan model pembelajaran learning Cycle 5E tersebut digunakan sebagai strategi meningkatkan kemampuan HOTS Mahasiswa di Program studi Pendidikan Anak Usia Dini atau PGPAUD FKIP Universitas Jambi. Analisis kebutuhan melalui lima tahapan yaitu: yaitu Front-end analysis, Learner analysis, Task analysis, Concept analysis dan Specifying instructional objectives. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan informan mahasiswa yang ada di lingkungan prodi PG PAUD Universitas Jambi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan angket terbuka. Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menguji tingkat kebenaran data digunakan teknik keabsahan data yaitu validitas internal validitas eksternal reliabilitas, dan obyektivitas. Hasil penelitian merekomendasi hasil bahwa mahasiswa membutuhkan suatu model pembelajaran untuk dapat meingkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui pengembangan model pembelajaran learning cycle lima e.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...