Journal of Education Research
Vol. 5 No. 1 (2024)

Peran Umpan Balik Pembimbing dalam Keberhasilan Tesis Mahasiswa Pascasarja

Subasman, Iman (Unknown)
Windiantari, Dian (Unknown)
Aliyyah, Rusi Rusmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menilai peran umpan balik pembimbing dalam pencapaian tesis mahasiswa pascasarjana. Melalui metode survei terhadap seratus empat puluh responden mahasiswa pascasarjana, penelitian menyelidiki sejauh mana umpan balik dari pembimbing tesis berkontribusi terhadap kualitas dan kesuksesan penulisan tesis. Responden diminta menilai aspek-aspek umpan balik termasuk kejelasan, relevansi, dan efektivitasnya dalam mengatasi kendala penulisan. Analisis data menunjukkan bahwa umpan balik yang konstruktif dan tepat waktu dari pembimbing memiliki pengaruh signifikan terhadap kemajuan penulisan tesis. Lebih lanjut, temuan mengungkapkan bahwa pembimbing yang memberikan dukungan emosional serta terbuka terhadap ide-ide baru cenderung lebih efektif dalam membantu mahasiswa mencapai hasil yang optimal dalam penulisan tesis. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai pentingnya interaksi pembimbing-mahasiswa dalam konteks pendidikan pascasarjana, perlunya pendekatan komunikasi efektif dan dukungan emosional dalam proses pembimbingan. Hasil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan praktik pembimbingan tesis di lembaga pendidikan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...