Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan membandingkan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pengajarkan bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja, bahan ajar yang digunakan pada enam lembaga pelatihan kerja di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah penanggung jawab enam Lembaga pelatihan kerja dari berbagai daerah di Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian terdiri dari reduksi data, tabulasi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa metode pengajaran bahasa Jepang yang digunakan adalah metode Grammar Translation Method, Direct method, Audiolingual Method, dan Total Physical Response. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi memori, strategi kognitif, strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial. Bahan ajar yang digunakan berupa buku Minna no Nihongo satu, dua, Chuukyuu, dan buku Soumatome N tiga.
Copyrights © 2023