Journal of Education Research
Vol. 5 No. 1 (2024)

Identifikasi Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Adhyaksa 1 Jambi

Zullia, Adila (Unknown)
Rasimin, Rasimin (Unknown)
Yaksa, Rully Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2024

Abstract

Motivasi belajar merupakan kekuatan yang memberikan dorongan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih giat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dalam penelitian ini ada tiga yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dilihat dari minat belajar, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dilihat dari tujuan yang ingin dicapai, dan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dilihat dari menciptakan suasana yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa satu Jambi dengan jumlah sampel enam puluh tiga siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dengan model skla liket dengan alternatif lima pilihan jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data mengunakan rumus Formula C dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase. Hasil penelitian menunjukan  siswa di SMP Adhyaksa satu Jambi secara keseluruhan memiliki motivasi belajar tingkatan tinggi. indikator membangkitkan minat belajar siswa memiliki presentse sebesar tujuh puluh koma delapan persen berada pada tingkatan tinggi, indikator memperjelas tujuan yang ingin dicapai tujuh puluh tiga koma lima puluh delapan persen berada pada tingkatan tinggi. indikator menciptakan suasana menyenangkan memiliki presentase sebesar tujuh puluh dua koma delapan puluh tiga persen berada pada tingkatan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...