Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Implementasi Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN Kabupaten Magetan

Wahyudi, Rahmad (Unknown)
Hariyati, Nunuk (Unknown)
Mariana, Neni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pendidikan di Indonesia yang terus berkembang, ditandai dengan perubahan kurikulum yang terus menerus dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID sembilan belas. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, khususnya dengan fokus pada proyek penguatan profil siswa Pancasila di dua sekolah terpilih di Kabupaten Magetan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif fenomenologi dengan desain penelitian multi lokasi. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, yang dilakukan pada bulan Maret hingga Mei dua ribu dua puluh empat. Hasil penelitian mengungkapkan perencanaan yang komprehensif, pengorganisasian yang efektif, keberhasilan pelaksanaan, dan evaluasi proyek secara menyeluruh. Khususnya, proyek ini telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila dan pengembangan karakter. Kesimpulan yang diambil dari studi ini menggarisbawahi pentingnya perencanaan yang cermat, organisasi yang kuat, strategi implementasi yang inovatif, dan evaluasi berkala dalam mencapai tujuan inisiatif pendidikan karakter dalam kerangka Merdeka Belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...