Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Meningkatkan Kecerdasan Emosioanal melalui Teknik Assertive pada Siswa Kelas 2 SMA

Ramadhan, Ardiansyah (Unknown)
Ngayomi, Sri (Unknown)
Hasibuan, Fauzi (Unknown)
Saragih, Mandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan penting yang membantu individu mengelola emosi dan membangun hubungan interpersonal yang sehat. Upaya peningkatan kecerdasan emosional melalui teknik assertive dilakukan untuk membantu siswa kelas 2 dalam mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif dan mengurangi konflik sosial di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui teknik assertive pada siswa kelas 2 SMA Tarkeeyahtul Ummah School Thailand. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan desain Pre Eksperimen (pretest - perlakuan- posttest). Hasil pre-test menunjukkan rata-rata subjek penelitian 85,5 memiliki tingkat kecerdasan emosional yang Low Average (dibawah rata-rata), dan hasil posttest menunjukkan rata-rata subjek penelitian 110 memiliki tingkat kecerdasan emosional yang Average ( rata-rata).Hasil analisis uji t untuk menguji perbedaan rata-rata data pretest dan posttest dk = 6, α = 0,05 di peroleh t (hitung) = 11, 9598 > t (table)= 1, 94318, disimpulkan ada perbedaan secara signifikan rata-rata skor pretes dengan Rata-rata skor postes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik assertive training. Kesimpulan meningkatnya tingkat kecerdasan emosional siswa kelas 2 SMA Tarkeeyahtul Ummah school Thailand dari kategori Law Average menjadi kategori Average melalui kegiatan layanan teknik assertive.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...