Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1 (2023): November

DINAMIKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER MENJADI CALON GURU : PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU VS DUKUNGAN KELUARGA

Nurfauziah, Tanti (Unknown)
Gumilar, Gugum (Unknown)
Afriza, Edi Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2023

Abstract

Mahasiswa yang mendaftar atau yang masuk ke jurusan pendidikan ekonomi belum sepenuhnya memiliki keinginan menjadi guru. Karena karier menjadi guru khususnya di Indonesia tidak memiliki kepastian karier yang jelas seperti lamanya karier atau masa tambahan studinya, sehingga membingungkan mahasiswa. Hal ini menyebabkan bahwa mereka tidak memiliki perencanaan karier yang baik sehingga berimbas pada keputusan karier yang kurang matang. Fokus penelitian untuk mengetahui pengaruh Persepsi Pendidikan Profesi Guru, Dukungan Keluarga terhadap Pengambilan Keputusan Karier Menjadi Calon Guru baik secara parsial maupun simultan. Cara menyelesaikan penelitian dengan exsplanatory reserach. Mahasiswa pendidikan Ekonomi dijadikan sebagai populasi berjumlah 219 orang dengan teknik sampling jenuh sehingga semua diambil jadi responden. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan antara persepsi pendidikan profesi guru dan dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karier menjadi calon guru

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...