Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Penerapan Metode An-Nashr dalam Pembelajaran Terjemah Al-Quran Siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr Wajak Kabupaten Malang

Fauzi, Akhmad (Unknown)
Rofiq, Aunur (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Banyak sekali lembaga pendidikan yang menjadikan al-quran sebagai mata pelajaran pokok yang harus dipelajari bahkan sampai harus menghafal al-quran tersebut. Namun pada saat ini belum banyak berkembang metode pemahaman al-quran untuk orang islam yang notabene non-arab (kaum ajam), banyak dari mereka fasih membaca al-quran, mengetahui hukum tajwid serta makhorijul huruf dan tidak sedikit dari mereka yang sudah hafal seluruh isi dari al-quran. Akan tetapi mereka belum faham apa arti dan maksud dari ayat yang mereka baca dan hafal tersebut. Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr merupakan madrasah yang menjadikan metode An-Nashr sebagai pelajaran pokok, metode An-Nashr sendiri merupakan metode terjemah al-quran yang mulai diterapkan pada tahun 2005, dan juga metode ini bisa diterapkan pada tingkat madrasah tsanawiyah maupun tingkat madrasah aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan metode An-Nashr siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr, (2) hasil belajar kognitif metode An-Nashr pada siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan teori Miles dan Huberman, dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan teknik ketekunan pengamat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan metode An-Nashr dalam pembelajaran terjemah al-quran siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr yaitu menggunakan pola 4-3-2-1, dengan penerapan meliputi (a) perencanaan, (b) materi, (c) metode, (d) alat pembelajaran, (e) penilaian, (f) langkah-langkah pembelajaran. (2) hasil belajar kognitif metode An-Nashr siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr, nilai rata-rata siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr yaitu rata-rata huruf B. Dengan indikator keberhasilan yaitu mampu menerjemah dengan terjemah per-kata dan mampu menerjemah per-ayat juz 30.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...