Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Implementasi Pembelajaran STEAM pada Kelas Rendah di Sekolah Dasar

Rakhmawati, Eni (Unknown)
Riniati, Wa Ode (Unknown)
Badriyah, Badriyah (Unknown)
Irmawati, Irmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran STEAM mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi. Melalui eksperimen, proyek, dan tugas-tugas kreatif, siswa belajar untuk menyusun argumen, membuat prediksi, dan mengevaluasi hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran STEAM pada kelas rendah di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau Literature Review. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Berdasarkan literature review dari beberapa artikel kesimpulan pada artikel ini adalah pembelajaran STEAM di kelas rendah khususnya di sekolah dasar mmerupakan pembelajaran kontekstual, dimana anak diajak untuk memahami kejadian yang terjadi dalam ruang lingkup kehidupan sehingga anak mengeksplorasi semua kemampuan yang dimilikinya dan memunculkan karya yang berbeda dari individu maupun kelompok. Kolaborasi, Kerjasama, dan komunikasi diterapkan dalam proses pembelajaran karena STEAM dilakukan secara berkelompok untuk merangsang kemamampu bertanggung jawab dan memecahkan masalah baik personal ataupun interpersonal terhadap pembelajaran serta mampu mengkonstruk pemahaman terhadap materi yang disampaikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...