Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code yang layak (valid, praktis dan efektif) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain ADDIE. Populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Pasuruan Lampung Selatan. Sampel penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada 2 yaitu teknik tes dan nontes. Kevalidan pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code berdasarkan penilaian dari 4 ahli yang memperoleh kategori sangat baik. Kepraktisan pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code berdasarkan tanggapan pendidik dan peserta didik memperoleh kategori sangat baik. Keefektifan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji effect size memperoleh skor Cohen’s d 0,99 dengan kategori Tinggi. Berdasarkan hasil analisis Media Pembelajaran Komik Matematika berbantuan QR-Code yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sekolah dasar.
Copyrights © 2024