IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis
Vol 5, No 1 (2024): JUNE 2024

PENGARUH PENGALAMAN MINUM KOPI DAN SUASANA TOKO MELALUI MOTIVASI HEDONIS DAN UTILITARIAN PADA NIAT MEMBELI KEMBALI

Safitri, Anisa Dwi (Unknown)
Tuti, Meylani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

This research analyzed the influence of the coffee-drinking experience and store at­mos­phere, influencing the tendency to repurchase using hedonic and utilitarian motivation. The population of this research was the customers of the Kopi Bajawa Flores cafe. The sam­ple used was purposive sampling, with 251 respondents, and used quantitative research me­thods. The data analysis approach used a structural equation model implemented using SmartPLS software. The findings of this study indicated that a customer's experience con­su­ming coffee and the ambiance of the store significantly influenced their likelihood of making a subsequent purchase from both hedonic and utilitarian motivations. Store atmosphere signi­ficantly influenced the intention to repeat purchases with hedonic motivation aspects. From the results of this research, if a company wanted to increase sales, it was recommended that the company be able to fulfill consumers' emotional pleasure. Further research was also re­commended to discover other variables influencing company sales statistics.  Tujuan penelitian ini adalah menganalisi pengaruh pengalaman minum kopi dan sua­sana toko memengaruhi kecenderungan untuk melakukan pembelian kembali dengan moti­vasi hedonis dan utilitarian. Populasi penelitian ini adalah pelanggan kafe Kopi Bajawa Flo­res. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah 251 responden dan de­ngan metode penelitian kuantitatif. Pendekatan analisis data menggunakan model persa­ma­an struktural yang diimplementasikan menggunakan software SmartPLS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan mengonsumsi kopi, serta suasana toko, se­ca­ra signifikan memengaruhi kemungkinan mereka melakukan pembelian berikutnya baik se­ca­ra motivasi hedonis maupun utilitarian. Suasana toko secara signifikan memengaruhi niat membeli kembali dengan aspek motivasi hedonis. Dari hasil penelitian tersebut jika perusa­ha­an ingin meningkatkan penjualan disarankan perusahaan dapat lebih memenuhi emosional ke­senangan konsumen. Penelitian lanjutan juga disarankan untuk mengetahui lebih lanjut va­riabel-variabel lain yang dapat memengaruhi statistik penjualan perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

“IDEI: JURNAL EKONOMI & BISNIS” diterbitkan oleh Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) dengan tujuan sebagai wadah diseminasi hasil penelitian, hasil kajian konseptual, dan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun pada periode Juni dan Desember ...