Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 4 (2024): April

Penggunaan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Siswa Kelas II SD Inpres Saluttowa

Patta, Rahmawati (Unknown)
Bahar, Bahar (Unknown)
Ramadhani, Siti Nurhaliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran operasi hitung bilangan di kelas II SD Inpres Saluttowa dengan memanfaatkan media kantong bilangan. Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi yang dilakukan setiap siklusnya. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas II SD Inpres Saluttowa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dan tes serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan pada pencapaian KKM adalah ≥75% dari jumlah siswa yang ditetapkan sebesar 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dalam pembelajaran Matematika efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan. Sebelum dilakukan tindakan, hanya 11 (40,74%) siswa yang mencapai KKM pembelajaran Matematika kelas II SD Inpres Saluttowa. Setelah siklus I terjadi peningkatan menjadi 15 (55,56%) siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II sebanyak 23 (85,19%) siswa berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II meningkat dari 62,94 menjadi 82,96.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...