Pelaksanaan evaluasi merupakan hal penting dalam pembelajaran pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa Arab. Evaluasi keterampilan berbicara dan menulis dirancang untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan ide dan gagasannya secara tertulis dan lisan. Tujuan penelitian ini adalah mengekplorasi model soal evaluasi keterampilan produktif yaitu keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan. Data dipeloreh dari KMA 183 tentang kurikulum pendidikan bahasa Arab dan PAI, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) berdasarkan KMA 183, buku ajar bahasa Arab kelas sembilan, silabus Madrasah Tsanawiyah kelas sembilan, artikel yang berkaitan dengan evaluasi, dan contoh soal evaluasi. Peneliti mengamati dan menganalisis kebutuhan penyusunan soal, menyusun soal sesuai langkah-langkah dan melakukan uji validitas isi yang dilakukan oleh ahli di bidang evaluasi bahasa Arab. Hasil penelitian adalah penyusunan soal maharah kalam dan kitabah diawali dengan telaah kurikulum, mengambil kompetensi dasar, menentukan indikator sampai pada penyusunan soal yang sudah dianalisis berdasarkan tingkat kesulitan soal. Menyajikan dan menganalisis model soal kalam dan kitabah yang telah melewati proses uji validitas isi. Dengan adanya pengembangan soal-soal evaluasi ini, diharapkan akan meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Arab secara keseluruhan khususnya dalam bidang maharah kalam dan kitabah.
Copyrights © 2024