IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 6 No. 02 (2023): IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam

Potensi Anak Yatim Berbasis Pendidikan Kemandirian Perspektif Al-Qur’an (Studi Penelitian di Yayasan Yatim Al-Mubarok Kota Tangerang)

Soejono, Sri Rosmalina (Unknown)
Saihu, Made (Unknown)
Anwar, Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang eksplorasi potensi anak yatim melalui pendidikan kemandirian menciptakan pembelajaran yang komunikatif, kolaboratif, kreatif, dan konstruktif, yang dilandasi nilai-nilai Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah pendekatan pendidikan konstruktif secara psikologi dan spiritual; pendekatan yang dapat mengoptimalisasi kemandirian dalam diri anak yatim serta direlevansikan dengan Al-Qur’an. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa pertama; komponen Panti Asuhan al-Mubarok memaksimalkan potensi anak yatim melalui pendampingan psikologis dan spiritual. Kedua; komponen Panti Asuhan al-Mubarok memiliki tahapan-tahapan yang sistematis dalam upaya mengeksplore potensi anak yatim. Ketiga; proses pembelajaran di Panti Asuhan al-Mubarok dilakukan dengan teknik learning by doing. Keempat; optimalisasi kemandirian anak yatim dilakukan melalui pelibatan dalam aktivitas kewirausahaan. Kelima; anak yatim di Panti Asuhan al-Mubarok sering dilibatkan dalam berbagai event sosial dan keagamaan sehingga berdampak positivistik baik secara psikologis dan spiritual. Kesimpulan tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan argumen pendekatan pendidikan konstruktivisme Jean Peaget, yang berasumsi bahwa seseorang dapat belajar secara mandiri dengan melihat orang-orang disekelilingnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

iq

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IQ Jurnal Pendidikan Islam is a scientific journal contains papers drawn from study of critical analysis in the field of Islamic education. This journal contains original works from lecturers, researchers, students, and other concerned parties who have not been published or are not on the ...