Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan media dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi Edpuzzle pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang berpedoman pada model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengembangan pada penelitian ini melibatkan tim ahli yaitu: ahli materi dengan perolehan nilai sebesar 85,2%, untuk ahli bahasa memperoleh nilai 89,1% serta ahli media memperoleh nilai sebesar 85%. Berdasarkan nilai persentase dari ketiga ahli maka diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,43% apabila diinterpretasikan termasuk ke dalam kriteria “Sangat Layak”. Uji coba produk dilakukan di SDN Periuk 6, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 peserta didik, selanjutnya perhitungan angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran Edpuzzle medapatkan hasil rata-rata 95,76% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Edpuzzle ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu kegiatan pembelajaran pada peserta didik di kelas IV SDN Periuk 6.
Copyrights © 2024