Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PPKn SMA di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan tahapan; Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk meningkatkan kompetensi profesional guru PPKn SMA di Kabupaten Lombok Timur yang meliputi peningkatan kompetensi, penanaman sifat disiplin dan tanggung jawab, serta pemberian motivasi dan arahan dalam menjalankan tugas sebagai pengajar. Faktor penghambat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk meningkatkan kompetensi profesional guru PPKn SMA di Lombok Timur yaitu: Kompleksnya permasalahan guru di lapangan, Partisipasi anggota MGMP PPKn SMA Lombok Timur masih kurang, dan Minimnya dana Operasional.
Copyrights © 2024