Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Karakter Multiple Intelligences Siswa dan Potensi Pengembangannya dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMA

Hani, Shopiatul (Unknown)
Sukarso, AA (Unknown)
Sri Handayani, Baiq (Unknown)
Wayan Merta, I (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Multiple intelligences merupakan kecerdasan yang dimiliki siswa yang penting untuk diketahui guru sebagai acuan dalam menentukan atau menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter multiple intelligences siswa dan potensi pengembangannya dalam pembelajaran biologi siswa SMAN 1 Gunungsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif eksploratif. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes angket multiple intelligences dan wawancara dengan guru mata pelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 72% siswa memiliki satu kecerdasan yang unggul dan 28% siswa lainnya memiliki lebih dari satu kecerdasan. Kecerdasan intrapersonal menjadi jenis kecerdasan yang paling menonjol pada siswa sampel penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda untuk pembelajaran biologi. Kecerdasan yang unggul pada diri masing-masing siswa dapat menjadi bahan rekomendasi untuk pengembangan pembelajaran dengan menggunakan metode yang sesuai karakter kecerdasannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...