Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 7 (2024): Karimah Tauhid

Analisis Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Importance Performance Analisis (Studi Kasus Alfamart Ciawi Bogor)

Ramadan, Doni Rizki (Unknown)
Safitri, Mira (Unknown)
Khoerunisa, Syahira Adri Septina (Unknown)
Pardui, Maya Dinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Dalam era persaingan bisnis yang semakin erat membuat sebuah perusahaan berperang untuk meningkatkan kualitas terhadap suatu produk ataupun layanan yang ditujukan untuk kepuasan konsumen. Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada pada salah satu cabang toko Alfamart yaitu Alfamart Ciawi Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif melalui analisis Importance Performance Analysis guna mengetahui prioritas terhadap atribut yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Sampel pada studi ini berjumlah 50 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa besaran 82,97% responden merasa puas terhadap kinerja toko Alfamart Ciawi, hal ini ditunjukkan oleh perhitungan Customer Satisfication Index (CSI). Berlandaskan pada Importance Performance Analysis (IPA) mengungkapkan terdapat beberapa kinerja atribut yang perlu diprioritaskan yaitu mengenai area lingkungan toko yang bersih dan nyaman, suhu udara yang tidak terlalu panas, dan aroma ruangan took yang segar. Dengan demikian toko Alfamart Ciawi perlu meningkatkan kebersihan toko, menambahkan AC pada sudut ruangan, serta memberi pengharum ruangan yang segar, hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian diharapkan dapat membantu toko Alfamart Ciawi untuk meningkatkan atribut-atribut yang dianggap masih rendah oleh oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan kompetivitasnya dalam persaingan bisnis yang ketat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...