Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 7 (2024): Karimah Tauhid

Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere (Studi Kasus Indomart RS Ciawi Bogor)

Salbiah, Rahma Siti (Unknown)
Rahmatunnisa, Ismi (Unknown)
Mahmudah, Mariam (Unknown)
Rangkuti, Muhammad Rizki (Unknown)
Ramadhan, Gilang Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suasana toko terhadap kepuasan pelanggan di Indomart RS Ciawi Bogor. Store atmosphere melibatkan berbagai elemen seperti eksterior toko,interior umum,tata letak toko,dan tampilan interior yang keseluruhannya berperan penting dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa elemen-elemen seperti papan nama, pencahayaan, aroma, dan desain toko memiliki dampak signifikan pada kepuasan pelanggan. Saran yang diberikan mencakup perbaikan pada elemen-elemen tersebut untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa suasana toko yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan kepuasan, yang pada akhirnya berdampak positif pada pertumbuhan penjualan dan operasional sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...