Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 10 (2024): Karimah Tauhid (On Proses)

Literature Review: Penggunaan Berbagai Jenis Pengawet Alami unutk Menghambat Kerusakan pada Nira Aren (ArengaPinnata Merr)

Septiani, Bunga (Unknown)
Hutami, Rosy (Unknown)
Ichsan, Nurul (Unknown)
Sapanil, Kastana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Pohon aren adalah jenis pohon palem-paleman yang menghasilkan cairan berwarna bening dengan rasa manis yang disebut dengan nira aren. Nira aren ini sangat mudah mengalami kerusakan akibat adanya aktivitas mikorganisme didalamnya, sehingga diperlukan upaya untuk mencegah kerusakan tersebut. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui jenis, keefektifan dan kegunaan pengawet alami dalam menghambat kerusakan nira aren. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan bersumber pada beberapa literatur yang dikaji kelayakannya untuk menghasilkan data yang baik. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat berbagai jenis pengawet dari bahan alami yang dapat digunakan dalam menghambat kerusakan nira aren, namun jenis pengawet yang paling baik yaitu kayu nangka dengan penggunaan konsentrasi yang paling tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...