Kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang untuk meyakinkan orang lain agar orang lain itu dengan sukarela mau bekerja dan diajak untuk melaksanakan kehendaknya atau gagasannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui etos kerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan memaknai sebuah perspektif fenomenologi, yaitu bagaimana seorang peneliti mampu memahami serta menghayati kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI. Etos kerja tersebut pernah mengalami penurunan sebagaimana tampak pada beberapa hal yang dapat disimpulkan yaitu tidak ada kedisiplinan terhadap guru PAI. Berdasarkan pengajarannya, guru PAI dapat menguasai materi dan berbagai metode PAI memiliki motivasi dan kebebasan dalam mengembangkan bakat yang dimilikinya guna menunjang proses pembelajaran. Guru PAI mampu menguasai dasar-dasar dan prinsip pengajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga lebih mudah dalam memilih metode pembelajaran yang tepat.
Copyrights © 2021