Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang pengaruh self efficacy dalam belajar pada mahasiswa melalui model pembelajaran diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen, dengan cara membagikan angket kepada mahasiswa dan melihat hasil tes pembelajaran selama dikelas baik menggunakan metode diskusi kelompok, juga menggunakan lembar observasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini mahasiswa prodi PG PAUD UMN Al Washliyah yang berjumlah 40 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan membuktikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dari hasil observasi dan angket penelitian, pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tringulasih data yaitu membandingkan data dari hasil pengamatan langsung dengan data hasil observasi dan penyebaran angket penelitian dan eggunakan SPSS dalam pengolahan data hasil angket penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini Adanya pengaruh antara self efficacy dalam belajar pada mahasiswa belum bekerja dengan mahasiswa sudah bekerja setelah diterapkan model pembelajaran diskusi kelompok, dan juga terlihat dengan besarnya koefisien uji t sebesar 3,206 > 1,685, berdasarkan hasil ini maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. Sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai luaran dalam hasil penelitian dalam bentuk jurnal nasional.
Copyrights © 2021