JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Materi Keragaman Budaya di Nganjuk untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Julianto, Tri (Unknown)
Saidah, Karimatus (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi disalah satu sekolah dasar diketahui siswa kesulitan dalam memahami materi karena kegiatan pembelajaran kurang menarik sehingga membuat siswa kurang minat untuk belajar. Terkhususnya mempelajari materi yang penuh dengan membaca yaitu pelajaran IPS, oleh karena itu perlu adanya media pendukung yang dapat menunjang pembelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami. Penelitian menggunakan metode pengembangan (Research and Development / R&D ) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, desaign, Development, Impelementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa angket validasi ahli media, validasi ahli materi, dan uji kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan kevalidan dan kepraktisan. Hasil dari penelitian pengembang multimedia interaktif dalam materi keragaman budaya di Nganjuk untuk kelas IV sekolah dasar dengan prosedur pengembangan ADDIE. Multimedia Interaktif memperoleh hasil validasi yaitu validasi ahli materi 100%, validasi ahli media 82% serta total gabungan persentase media ini adalah 91%. Selanjutnya uji kepraktisan diperoleh persentase 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...