Penggunaan model pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal dan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Termasuk pada pembelajaran seni melalui mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) di sekolah dasar yang bertujuan untuk mengembangkan motorik, kognitif, afektif bahkan sosial dan emosional peserta didik. Namun yang terjadi saat ini ialah pembelajaran SBdP masih monoton proses pembelajarannya, peserta didik masih belum diberi kebebasan dalam melakukan eksplorasi dan melakukan kreasi sehingga kreativitas peserta didik belum sempurna dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis Pembelajaran SBdP Menggunakan Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. Melalui model pembelajaran berbasis proyek dapat memberikan pengalaman siswa dalam memecahkan masalah berbasis proyek sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata (Fuja Siti Fujiawati, 2020). Penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian studi literatur (literature study). Data-data yang digunakan penelitian ini menggunakan data sekunder berupa hasil-hasil penelitian dari jurnal, artikel, dan karya ilmiah yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SBdP menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada lingkup seni musik, seni tari, dan seni rupa.
Copyrights © 2022