JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

The Effect of Using Scientific Approach Method in Writing Analytical Exposition Text At Grade Eleven Students of SMA Negeri 3 Pematang Siantar

Salamanang, Yohana Vatricia (Unknown)
Munthe, Melda Veby Ristella (Unknown)
Manihuruk, Leonita Maria Efipanias (Unknown)
Hutahean, David (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pendekatan saintifik dalam menulis teks eksposisi analitis pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan metode pendekatan saintifik untuk membantu siswa menulis teks eksposisi analitis bertema pemanasan global. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pematang Siantar yang berjumlah 256 siswa. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 4) berjumlah 36 siswa yang menggunakan metode pendekatan saintifik dan kelas kontrol (XI IPA 5) berjumlah 36 siswa yang menggunakan metode pendekatan kontekstual. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes menulis untuk pre-test dan post-test. Rubrik penilaian tulisan Heaton yang digunakan dalam penelitian ini mencakup beberapa aspek: isi, organisasi, kosa kata, penggunaan bahasa dan mekanika. Rumus alpha digunakan untuk menganalisis data, dengan melakukan analisis deskriptif. Hasil analisis data menggunakan rumus Arikunto diperoleh nilai 26,6>1,994. Berdasarkan temuan tersebut Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode pendekatan saintifik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis siswa di SMA Negeri 3 Pematang Siantar dalam menulis teks eksposisi analitis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...