JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Upaya Kepala Sekolah Dalam Menyukseskan Program Sekolah Penggerak

Muspawi, Mohamad (Unknown)
Fitriyanti Gustian, Indri (Unknown)
Puspita Rini, Eko (Unknown)
Dinda Melati, Puji (Unknown)
Swastini, Swastini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kebijakan pemerintah mengenai sekolah penggerak dan mengungkap berbagai upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mendukung dan menggerakkan Program Sekolah Penggerak di lingkungan sekolah SMA N 11 Muaro Jambi. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai landasanya. Kemendikbud mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 Tentang Program Sekolah Penggerak, yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang berkualitas. Melalui berbagai kebijakan, pemerintah telah berhasil memperluas akses pendidikan dasar dan menengah secara signifikan. Program Sekolah Penggerak berangkat dari asumsi bahwa transformasi satuan pendidikan dimulai dengan peningkatan kualitas SDM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fokus utama program ini adalah memberikan pendampingan dan pelatihan kepada kepala sekolah dan guru guna menciptakan penyelenggaraan pendidikan yang lebih berkualitas di SMA N 11 Muaro Jambi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...