JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

The Effect of Word Wall Media on The Students Reading Comprehension at Eighth Grade of SMP Negeri 9 Pematangsiantar

Purba, Desica Florensia (Unknown)
Napitupulu, Selviana (Unknown)
Hutauruk, Bertaria Sohnata (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi kemanjuran media dinding kata dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) yang melibatkan dua kelas yang masing-masing berpartisipasi dalam pre-test dan post-test. Peneliti memilih dua kelompok yaitu VIII-8 (kelas eksperimen) yang berjumlah 30 siswa dan VIII-7 (kelas kontrol) yang berjumlah 30 siswa. Dengan menggunakan teknik purposif, sampel dibagi, dengan kelompok eksperimen diajar menggunakan media dinding kata di kelas, sedangkan kelas kontrol menerima pengajaran melalui cara konvensional. Setelah menganalisis data, terlihat bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen meningkat dari 65,33 pada pre-test menjadi 81,83 pada post-test. Sebaliknya, kelas kontrol menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 58,5 menjadi 69,16 dalam rentang waktu yang sama. Hasilnya menunjukkan bahwa t-hitung (3,04) melebihi nilai t-tabel (1,67155) pada df 58. Akibatnya, hipotesis nol (H0) ditolak dan mendukung hipotesis alternatif (Ha), yang menyatakan bahwa penggunaan media dinding kata secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...