Penelitian ini bertujuan mengetahui (i) Implementasi modul ajar matematika berbasis media ular tangga di SD Negeri 2 Bone-bone; (ii) Keberhasilan modul ajar matematika berbasis media ular tangga meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V di SD Negeri 2 Bone-bone. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method yakni kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (Quasi Eksperimental) dan kualitatif menggunakan model Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Populasinya adalah seluruh siswa SD Negeri 2 Bone-bone yang berjumlah 278 orang semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga ditetapkan sampel semua siswa dari kelas V yang berjumlah 46 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pretest-posttest dan uji deskriptif kualitatif. Hasil literasi numerasi siswa memiliki perbedaan signifikan antara kelompok siswa yang mengimplementasikan modul ajar matematika berbasis media ular tangga dan kelompok siswa yang menggunakan metode konvensional; Implementasi modul ajar matematika berbasis media ular tangga berhasil meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V di SD Negeri 2 Bone-bone.
Copyrights © 2023