JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Peran Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Sosial Peserta Didik

Yusnaldi, Eka (Unknown)
Putri, Arwita (Unknown)
Tanjung, Erma Yanti (Unknown)
Umamai, Liza (Unknown)
Sipayung, Nurul Fatwa (Unknown)
Pohan, Rinanti Ito (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran IPS terhadap karakter sosial siswa. Rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data perpustakaan meliputi metode penelitian yang digunakan, yaitu jenis penelitian kepustakaan. Pembinaan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang diharapkan dapat menanamkan karakter pada peserta didik untuk membentuk manusia yang luar biasa, manusia yang terhormat, mudah beradaptasi, ekstrim, sehingga mampu menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri dan lingkungan disekitarnya. Karakter siswa sebagian besar dibentuk oleh pengajaran IPS. Siswa mempelajari nilai-nilai dan karakter penting budaya nasional melalui studi IPS. Nilai-nilai tersebut antara lain cinta terhadap Tuhan dan ciptaan-Nya, kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, rasa hormat dan sopan santun, kerjasama, percaya diri, kepemimpinan, dan toleransi. Pembelajaran IPS juga bertujuan untuk membantu peserta didik menjadi warga negara yang baik, berguna, dan peduli terhadap permasalahan lingkungan dan sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...