JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

The Analysis of Students’ Vocabulary on Speaking Exposure

Mulyani, Sri (Unknown)
Wariyati, Wariyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Berbicara merupakan suatu cara menyampaikan makna, mengungkapkan gagasan dan perasaan melalui ujaran verbal pada kondisi apa pun dan dalam berbagai konteks. Sebagian besar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah, khususnya mahasiswa semester 8 masih menunjukkan kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris. Fenomena tersebut disebabkan oleh terbatasnya jumlah kosa kata dan singkatnya durasi latihan mendengarkan penutur asli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kosakata berbicara siswa dan bagaimana informan meningkatkan kosakata berbicara mereka secara efektif. Metode Penelitian Kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subyek penelitian yang dipilih adalah 2 orang mahasiswa sebagai perwakilan mahasiswa semester delapan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah Medan. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik wawancara. Pertama, informan akan ditanyai pertanyaan-pertanyaan umum yang bertujuan untuk menganalisis penggunaan kosakata mereka dalam berbicara. Setelah itu, para informan akan diberikan beberapa pertanyaan terkait pengalamannya dalam kosakata berbicara. Temuannya menunjukkan bahwa, faktor-faktor yang benar-benar mempengaruhi kosakata berbicara informan adalah membaca dan mendengarkan. Dengan membaca beberapa kosakata baru dan mengecek pengucapannya, proses tersebut akan mempengaruhi kosakata berbicara informan. Dan peran penting yang membantu informan dalam meningkatkan kosakata berbicara informan adalah media sosial. Informan mengatakan yang berperan penting adalah Instagram dan Twitter.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...