Pendidikan dan pembelajaran IPS ialah salah satu aspek yang sangat penting yang perlu diajarkan di sekolah. Namun nyatanya, salah satu permasalahan mengapa Pendidikan IPS begitu sulit untuk diintegrasikan, salah satunya dari peran guru itu sendiri. Dalam penyajian materi, guru lebih banyak berceramah Panjang lebar sehingga pembelajaran IPS dianggap kurang menarik oleh siswa. Akibatnya, pembelajarn ini relative kecil berpengaruh juga pada peningkatan pemahaman siswa saat proses pembelajaran serta berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan seorang guru dengan menerapkan metode bernyanyi dalam proses pembelajaran. Dengan metode bernyanyi ini, siswa dapat menguatkan daya ingat materi yang dipelajari dengan lagu, karena melalui sesuatu yang menarik dan menyenangkan lebih mudah teringat dalam pikiran. Penelitian ini menggunakan penlitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data studi kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023