JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Kegiatan Jumbara PMR terhadap Pembentukan Nilai Sosial

Ananda, Pramudia (Unknown)
Zainuri, Humairo Sakinah (Unknown)
Maharani, Bintang (Unknown)
Usiono, Usiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Palang Merah Remaja merupakan organisasi binaan yang beroperasi di sekolah atau masyarakat dengan tujuan dapat membangun dan mengembangkan sepenuhnya karakter PMI Menjadi relawan PMI di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampaknya Kegiatan jumbara PMR menuju pengembangan nilai-nilai sosial. Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan metodologi studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Peneliti melakukan observasi langsung, melakukan wawancara untuk melengkapi data dan memperoleh data yang akurat, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data secara relavan sesuai kebutuhan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan jumbara sangat memiliki pengaruh pada pembentukan nilai sosial seseorang. Nilai sosial yang terbentuk ketika mengikuti kegiatan jumbara yaitu; (1) anggota PMR melakukan tindakan yang mencoba membantu orang yang membutuhkan; (2) anggota PMR membangun komunikasi baik dengan banyak orang selama kegiatan berlangsung; (3) anggota PMR mendampingi peserta yang mengikuti lomba sebagai bentuk tanggung jawab; (4) anggota PMR membantu mengatasi peserta lomba yang sakit dan memberikan bantuan dasar pada peserta tanpa memandang pangkat atau status satu sama lain; (5) anggota PMR memberikan dukungan emosional atau psikologis kepada peserta yang mengalami situasi menegangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...