JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Urgensi Struktur Organisasi Lembaga Pendidikan dan Organisasi Keprofesian

Gusrianto, Danil (Unknown)
Afriza, Afriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Lembaga pendidikan dan organisasi profesi memainkan peran penting dalam pembangunan negara. Struktur organisasi yang baik diperlukan dalam kedua sektor ini untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi dan peningkatan pendidikan. Artikel ini membahas struktur organisasi lembaga pendidikan dan organisasi profesi, termasuk pengertian, jenis, tujuan, dan fungsinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode riset kepustakaan, yang mencakup pengumpulan data melalui dokumentasi, analisis deskriptif, penyusunan informasi, evaluasi literatur, dan penyusunan temuan. Pengertian organisasi lembaga pendidikan mencakup struktur yang terorganisir dan terstruktur dalam lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan formal. Jenis organisasi lembaga pendidikan dapat dibagi menjadi formal dan informal. Organisasi profesi keguruan, seperti PGRI, memiliki berbagai tujuan, termasuk meningkatkan kesejahteraan guru dan meningkatkan kompetensi mereka. Artikel ini juga membahas struktur organisasi lembaga pendidikan dan organisasi profesi, serta jenis-jenis dan peran organisasi profesi dalam mendukung guru dan pendidikan. Organisasi profesi seperti PGRI, MGMP, dan ISPI memiliki peran dalam mengembangkan kompetensi guru, memfasilitasi kolaborasi, dan memperjuangkan hak-hak guru. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang struktur dan fungsi organisasi lembaga pendidikan dan organisasi profesi, dapat meningkatkan sistem pendidikan dan mendukung profesionalisme guru untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...